Topik Terbaru

Aupair World: Salah Satu Cara Mudah Menuju Eropa dan Amerika

Apakah Anda pernah mendengar Aupair sebelumnya? Apakah itu Aupair? Bagaimana cara bisa mendaftar menjadi Aupair? Dan siapa saja yang boleh mendaftar dan berangkat ke Eropa atau Amerika dengan cara ini?

Saya akan jabarkan sedikit tentang Aupair, karena saya sempat mencoba mendaftar tapi ditolak karena usia tidak sesuai. ulasan berikut saya ambil dari website nya yang berbahasa inggris.

 

Apa itu Au pair dan Aupairworld?

Au pair itu dalam penjelasan sederhana adalah asisten dari luar (asing) yang bekerja di keluarga tuan rumah dan hidup di sana sebagai bagian dari kelurga tsb. Sedangkan Aupairworld adalah sebuah perusahaan agency, tetapi mereka tidak menyebut perusahaan ini sebuah agency karena mereka tidak memungut biaya apapun dari Anda.  Perusahaan ini berpusat di Jerman dan tujuannya adalah mempertemukan pelamar aupair dengan majikannya melalui sebuah website ‘Aupair world’. Kenapa saya sebut majikan? Karena pelamar au pair adalah orang-orang yang akan bekerja di wilayah tersebut, sedangkan majikannya adalah penduduk wilayah tersebut yang membutuhkan tenaga dari aupair. Mereka menyebutnya au pairs (asisten) dan host family (keluarga tuan rumah). Di sebut host family supaya lebih sopan, agar terdengar seperti keluarga yang menampung keberadaan kita selama di host country, dan memang keberadaannya menampung aupairs sebagai bagian dari keluarga selama tinggal di sana. Sistem aupair ini seringkali disebut sebagai “pertukaran budaya’. Tapi, saya lebih baik menjelaskan kepada Anda sebagai sebuah “kesempatan bekerja”. Sehingga, Aupair World sebagai web agency, akan mengatur dan menyaring para aupairs yang layak dipertemukan dengan para host family melalui websitenya.

 

Apa saja tugas Aupairs?

Sebagai aupairs, Anda akan bekerja penuh atau bekerja paruh waktu di rumah sang majikan (host family). Pekerjaan tersebut ditentukan oleh host family masing-masing. Anda bisa melihat apa saja yang dibutuhkan oleh sang majikan melalui deskripsi tugas yang ada di profil majikan tersebut. Misalnya: butuh baby sisters, butuh teman untuk anak, butuh pengurus rumah tangga, butuh penjaga rumah selama berpergian, butuh mengurus orang sakit, butuh teman bicara saja, dll. Host family akan menjelaskan berapa orang dalam keluarga mereka, siapa saja yang akan dirawat, apa saja yang akan dilakukan, beraja jam bekerja dalam sehari, dan apa saja yang akan dikerjakan serta gaji yang mungkin dibayarkan, atau bahkan bonus untuk disekolahkan.

 

Di Negara mana saja ada Aupairs? aupair

Aupairs ada dimana-mana, namun Aupair tidak ada di  Malaysia, Hongkong, dan Arab Saudi tempat para tenaga kerja Indonesia yang sudah berhamburan. Aupair tidak sama dengan TKI atau TKW yang bekerja di Negara-negara tersebut. Aupair juga tidak diatur oleh pemerintahan Indonesia. Negara tujuan Aupairs atau Host countries adalah: Amerika, Australia, Austria, Belgia, Kanada, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Irlandia, Islandia, Itali, Jepang, Luxemburg, Mexico, Belanda, Selandia Baru (New Zealand), Norwegia, Swedia, Swiss, dan Inggris.

 

Siapa yang boleh melamar menjadi Aupairs?

Jika Anda wanita atau pria yang berusia antara 17-30 tahun, Anda boleh melamar menjadi aupair.  Namun setidaknya Anda harus memiliki basic kemampuan bahasa Inggris, karena ini adalah bahasa Internasional. Jika Anda melamar ke negara Eropa yang tidak berbahasa Inggris, ada kemungkinan sesampai disana Anda harus kursus lagi. Kursus tersebut harus Anda biayai sendiri, jika host family Anda berkenan membayar, itu lebih baik. Anda bisa menawar permintaan tersebut melalui kontrak kerja. Namun tidak semua host family yang “non English” mewajibkan Anda bisa bahasa negaranya, kecuali anak-anak mereka tidak bisa berbahasa Inggris. Keterangan tersebut bisa Anda baca di profil permintaan host family. Selain itu, syarat lain yang berbeda-beda akan muncul di pilihan saat Anda membuat registrasi melalui website, seperti: Apakah Anda bisa menyetir? Pinya SIM? Merokok? Majikan Anda boleh merokok atau tidak? Dan mengenai kemampuan bahasa.

 

Siapa yang membayar biaya perjalanan Anda menuju Host Countries?

Tentu saja Anda. Karena Anda bukan TKW yang akan dibiayai agen sepenuhnya dan kemudian agen akan memotong gaji Anda. Tidak begitu. Biaya perjalanan seperti tiket dan visa menuju negara tersebut sepenuhnya adalah tanggungan Anda. Host family Anda akan membantu dengan mengirimkan surat undangan datang ke negaranya. Tetapi jika Anda bernasib baik, maka host family akan membantu mengirimkan biaya perjalanan untuk Anda, bahkan ada yang menanggung semua biaya agar Anda tidak membayar sepeserpun. Ini memang sulit untuk pemula, tetapi untuk para aupairs yang sudah bekerja di salah satu host family akan dengan mudah berpindah ke host family yang lain di wilayah tersebut tanpa biaya yang besar lagi.

 

Berapa lama kontrak aupairs dan apa yang saya lakukan seusai kontrak?

Holaaa…!! Welcome to the new country! Kalau kontrak Anda selesai, Anda bebas melakukan apa saja, mau mencari host family baru atau mencari sekolah yang pas untuk Anda di negara tersebut? Atau bahkan mencari jodoh? Terserah Anda. Setidaknya Anda sudah memilki pengalaman dan kemampuan bahasa yang baru khususnya untuk non English.

Jika Anda berminat bekerja ke luar negri dan siap menerima tantangan di negara-negara aupairsworld, segeralah melamar menjadi aupair. Saya dengar, banyak para aupairs yang berhasil di Negara host countries. Berhasil bukan karena gaji yang besar, karena gaji yang ditawarkan hanyalah sekitar 5jt-an untuk bekerja kurang lebih 8 jam (bisa lebih kecil jika bekerja paruh waktu). Gaji tersebut – yang mereka sebut uang saku – hanya cukup untuk biaya hidup Anda sehari-hari di sana, mungkin sedikit bisa menabung. Namun kesuksesan yang lain ada di depan mata jika Anda bukan orang yang bodoh, pintar berbahasa inggris, pintar mencari peluang kerja yang lebih baik, atau bahkan sekolah, kursus, mencari jodoh, dsb.

Semoga ulasan saya ini bermanfaat untuk Anda, dan saya senang bisa memberitahukan bahwa ada peluang di luar sana yang lebih baik dari pada menjadi TKW dan TKI. Silahkan sampaikan pada teman-teman Anda, dan sharing ke mereka.

Jika Anda berminat mendaftar dan sudah memahami aupair, silahkan klik link ini menuju registrasi Aupairworld

 

Salam,

 

Caprivhia

— tambahan: di dalam perjalanan postingan ini, ada beberapa opini yang berbeda dengan tulisan saya, terutama dari mantan aupair yang sudah pernah menjalani Aupair itu sendiri. Tulisan mengenai aupair ini adalah review dari sebuah website Aupair-world.net, yang sudah saya jelaskan sejak awal di top postingan ini, termasuk di dalamnya apa saja yang ditawarkan oleh website agency tersebut. Aupair agency bisa saja memiliki beragam sistem, namun saya tidak membahas di sini.  Jika Anda memiliki opini yang berbeda dengan tulisan ini, ataupun informasi tambahan mengenai au pair, silahkan Anda sharing. Semoga menjadi pertimbangan yang lebih bermanfaat untuk para pembaca.

 

tags: aupairs, au pair, bekerja di luar negri, bekerja paruh waktu, bekerja di Eropa, bekerja di Amerika, bekerja sambil sekolah di Eropa, cara melamar Aupair, apa itu Aupair, cerita tentang aupair, website aupair

 

Incoming search terms:

  • kerja di eropa gratis (38)
  • kerja di amerika 2013 (30)
  • cara kerja di amerika (25)
  • cara bekerja di eropa (23)
  • cara menjadi au pair (22)
  • cara bekerja di amerika (21)
  • cari kerja di amerika (17)
  • cara kerja ke amerika (16)
  • agen tki ke inggris (16)
  • bekerja di amerika (15)

About caprivhia

Terima kasih sudah mengunjungi Caprivhia.com. Untuk kembali lagi ke website ini silahkan bookmark (CTRL D). Jika menurut Anda tulisan saya bermanfaat, silahkan di share melalui menu SHARE. Thanks to follow my twitter @caprivhia and my Facebook Page. Salam, Caprivhia